ANARKO -SINDIKALISME

Wajib Baca untuk  Gerakan Anarko Non HOAX

Berikut adalah sejumlah tulisan para pegiat anarkis dalam bidang perburuhan pada pertengahan abad 18 dan merentang hingga awal abad 19, yang menjaditonggak sebuah gerakan anakis di perburuhan.

Gerakan ini kemudian muncul dengan nama yang lebih spesifik, Anarko-sindikalisme. Gerakan

anarkis yang sejak awal lahir dari rahim gerakan buruh militan di Eropa Barat, akhirnya menemukan bentuknya dalam sebuah gerakan buruh massal. Gerakan anarko-sindikalis sejak mula mendasarkan kekuatannya pada massa buruh dan peran otonomburuh untuk mengubah hidup mereka.

Dimulai dari perjuangan sehari-hari hingga perjuangan yang lebih rumit, kekuasaan politik yang mengubah masa depan, semua ditumpukan dalam kekuatan serikat buruh dan bukan pada aktor atau lembaga lain.

Sejak awal gerakan anarko-sindikalis, tidak berniat terjun dan menggunakan partai politik, mendukung calon presiden A atau B, ataupun bergabung dalam mekanisme perburuhan milik negara. Bagi anarko-sindikalis pertanyaan siapa dan lembaga apa yang mengelola masyarakat masa depan, saat negara perlahan lenyap, bahkan siapa yang bakal mengawal proses transisi dari system masyarakat kapitalis ke arah sosialisme sudah pasti serikat-serikat kaum buruh dan lembaga-lembaga politik buruh. Tidak pernah terbayangkan bahwa proses ini akan melibatkan peran partai ataupun kaum perantara selain kaum produsen (yang turut sertadalam produksi).

Anarko-sindikalis adalah teori dari para buruh sendiri mengenai hidup dan perjuangannya. Teori yang dihasilkan dari para produsen ini telah diuji berkalikali dalam kancah revolusi sejak Komune Paris (kaum anarkis banyak mengambil peran), Revolusi Rusia, Revolusi Meksiko, Revolusi Spanyol, Perang Dunia II, Revolusi Machuria, Revolusi Kuba, dan lain-lain.

Dalam banyak kasus, kaum anarko-sindikalis telah berulang kali membuktikan bahwa teori tersebut tetap kokoh.

Kata Pengantar.

Salam, Daun Malam

Ingin membaca Tulisan ANARKO-SINDIKALIS silahkan unduh:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial