PERNYATAAN SIKAP ALIANSI BELA GARUDA TERKAIT PRO-KONTRA PENGESAHAN RUU KUHP, RUU PKS, RUU PERTANAHAN, RUU MINERBA, RUU PEMASYARAKATAN & REVISI UU KPK

  • Bahwa sebagai Negara Demokrasi yang menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia, Demonstrasi adalah salah satu cara dan pilihan untuk menyampaikan pendapat di muka umum secara massal, oleh karenanya setiap orang patut menghargai dan menghormatinya.
  • Bahwa sebagai Negara yang berdasarkan Pancasila, dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika,  Demonstrasi hendaklah dilakukan dengan tidak memaksakan kehendak, dengan tetap menghargai perbedaan pendapat, menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menghormati harkat dan martabat orang lain.
  • Bahwa sebagai Negara Hukum, cara-cara yang Konstitusional sepatutnya diarus utamakan dalam menyelesaikan persoalan-persoalan Berbangsa dan Bernegara.
  • Mensikapi situasi bangsa hari ini terkait Pro-Kontra Pengesahan sejumlah Rancangan Undang-Undang dan Revisi Undang-Undang, dengan tetap memegang teguh Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka dengan ini Aliansi Bela Garuda Menyatakan Sikap ;
  1. MENGHORMATI Demonstrasi yang dilakukan dengan damai dan bermartabat, sebagai sarana kritik dan kontrol sosial dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara, serta MENGHARGAI upaya-upaya persuasif Pemerintah dalam menangggapi aspirasi massa.
  2. MENENTANG segala bentuk Pemaksaan Kehendak melalui Demonstrasi yang anarkis dan MENGUTUK KERAS tindakan sekelompok orang yang memanfaatkan Demonstrasi demi kepentingan pribadi dan kelompoknya, untuk mendelegitimasi Hasil Pemilu dan Pemerintahan yang sah, berupaya menggagalkan Pelantikan MPR, DPR – DPD, Presiden dan Wakil Presiden, serta memecah belah Bangsa.
  3. MENDUKUNG terlaksananya agenda-agenda Kenegaraan kedepan dalam Pelantikan MPR, DPR – DPD serta Presiden dan Wakil Presiden, sebagai wujud Penghormatan atas pelaksanaan PEMILU yang Jujur dan Adil.
  4. MENGHIMBAU kepada seluruh Komponen Bangsa untuk bersikap bijak dan terbuka, serta mengambil langkah-langkah Konstitusional dalam menyelesaikan setiap perbedaan pandangan dalam kehidupan  Berbangsa dan Bernegara.

Yogyakarta, 30 September 2019

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial