TIRAKATAN NUSANTARA DI KAMPUS PENDIDIKAN

Yogyakarta, Jumat, 16, Agustus, 2019, di FBS UNY, para mahasiswa UNY yang tergabung dari Guyup Rukun Institut mengadakan acara Malam Tirakatan Forum Kerukunan Umat Beragama UNY untuk memperingati HUT RI Ke-74. Selain itu adapun tujuan acara ini untuk merukunkan para umat beragama yang berada di UNY. Acara yang diadakan di depan Gedung Kuliah 4 FBS UNY ini melibatkan para mahasiswa Persatuan Mahasiswa Kristen, Ikatan Mahasiswa Katolik, Keluarga Mahasiswa Hindu, dan Unit Kegiatan Kerohanian Islam.

“Acara ini bertujuan untuk tasyakuran atas kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke-74  dan harus kita sadari bahwa kemerdekaan itu tidak lahir dari satu golongan, tapi kemerdekaan itu lahir semua golongan” ujar Zainda Usmana Aulia sebagai ketua acara.

Pembicara di acara ini dari Koordinator FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama) Yogyakarta yaitu Pak Ngatiar yang membicarakan soal Napak Tilas Kemerdekaan Indonesia. Menurut beliau, makna dari sebuah sejarah jauh lebih penting daripada bagaimana suatu peristiwa itu terjadi.

Ni Komang Diah Rustu Swari perwakilan dari Keluarga Mahasiswa Hindu berkata, “Acara seperti ini perlu diadakan, karena dari acara tersebut akan menjadisuatu ruang pertemuan antara pemeluka agama lain, sehingga disitu kita bisa sharing –sharing dan bisa mengobrol dengan umat agama lain. Dan jika perlu acara seperti ini bisa berlanjut seperti membuat acara bareng antar umat agama lain  yang tidak hanya mendengarkan ceramah-ceramah saja, tapi bisa bergotong royong membuat suatu acara sendiri.”

Acara tersebut dikemas dengan tahlilan atau doa bersama untuk mendoakan para pahlawan yang telah gugur membela kemerdekaan Indonesia dan ada doa bersama antar lintas iman atau agama. Doa lintas iman tersebut dilakukan  dengan  berdoa bersama dengan agama-agama lain, tapi disamping itu ada juga maksut untuk menyampaikan pesan toleransi.

“Kami berharap UNY sebagai kampus pendidikan mampu mengayomi mahasiswa dengan lintas agama dan keyakinan sehingga terjadi kerukunan di dunia kampus,”tutur R.Habib Baihaqi, panitia acara.

-Dikirim oleh: Rizki Kopong Nusantara-

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial